Struktur Kurikulum

kurikulumKurikulum di program studi Magister Teknik Informatika Tahun Akademik 2012/2013 merupakan kurikulum baru yang berlaku sejak Tahun Akademik 2011/2012. Kurikulum program studi Magister Teknik Informatika didesain menggunakan standar IEEE/ACM Computing Curricula 2005, dengan 4 (empat) kategori mata kuliah:

  • Foundation Course atau Mata Kuliah Pra-Magister (0 SKS atau 0%)
  • Fundamental Course atau Mata Kuliah Dasar (9 SKS atau 20%)
  • Core Course atau Mata Kuliah Inti (18 SKS atau 40%)
  • Concentration Course atau Mata Kuliah Konsentrasi (18 SKS atau 40%)

Berdasarkan keempat kategori mata kuliah tersebut, kurikulum program studi Magister Teknik Informatika dirancang untuk dapat diikuti oleh calon mahasiswa (sarjana S1) dari berbagai bidang ilmu (multi entry). Bangunan kurikulum program studi Magister Teknik Informatika diilustrasikan sebagai berikut:

bangunan

Total SKS wajib yang harus ditempuh adalah 45 SKS, yang dijadwalkan dalam 4 (empat) semester dengan waktu penyelesaian paling cepat dalam 3 (tiga) semester yang ditawarkan dengan sistem paket. Beban studi sebesar 45 SKS didistribusikan dalam 4 (empat) kelompok, yaitu:

Foundation Course

pra

Fundamental Course

fundamental

Core Course

core

Concentration Course
1. Business Intelligence

bi

2. Intelligent System

is

Mata kuliah konsentrasi adalah mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa sesuai bidang konsentrasi yang dipilih. Program studi Magister Teknik Informatika memiliki 2 bidang konsentrasi, yaitu: Business Intelligence dan Intelligent Systems.

irisanMKBidang keahlian atau konsentrasi Intelligent Systems berisi muatan-muatan keilmuan di bidang Computer Engineering (CE), Computer Science (CS) dan Software Engineering (SE) serta diarahkan pada aspek teknis dari metode komputasi, misalnya berupa pengujian, pengembangan, dan penemuan teori/model/metode/sistem komputasi.

Bidang keahlian atau konsentrasi Business Intelligence berisi muatan-muatan kelimuan di bidang Information System (IS) dan Information Technology (IT) serta diarahkan pada aspek manusia, organisasi, dan manajemen, misalnya analisis pemanfaatan teknologi informasi dan teori/model/metode/sistem komputasi untuk keperluan manajemen/organisasi.