PARA KAPROGDI DI UDINUS DALAMI TATA KELOLA PROGRAM STUDI

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) terus meningkatkan kualitas dari setiap program studi yang dimiliki. Salah satunya dengan mengundang pembicara ternama dari Universitas Brawijaya Malang pada Kamis (10/1/2019) kemarin. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Ketua Program Studi (kaprogdi) di Udinus dari 5 fakultas yang ada.

Kegiatan yang diadakan oleh Kantor Penjaminan Mutu (KPM) Udinus di ruang rapat Fakultas Ilmu Komputer (FIK) gedung H lantai 1 Udinus, diisi oleh pembicara bernama Prof Dr Ir Hendrawan Soetanto, M.Agr.Sc yang merupakan kaprogdi berprestasi tingkat nasional. Pelatihan yang memiliki tema ‘Tata Kelola Program Studi’ ini mengajarkan mengenai tugas pokok, tanggung jawab hingga peran dari ketua program studi di sebuah universitas. Selain mengajarkan tugas dan tanggung jawab, juga dijabarkan terkait undang-undang pendidikan tinggi.

Prof Hendrawan Soetanto yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Brawijaya Malang ini mengatakan selain tugas dalam mengkoordinasikan seluruh kegiatan di program studi, Kaprogdi juga memiliki tugas mengawal mahasiswa. Ia juga merasa beruntung dapat berbagi informasi terkait program studi. “Kaprogdi juga memiliki tugas mengawal mahasiswa hingga lulus tepat waktu dan laku dipasar kerja. Hal itu supaya tingkat kelulusan tepat waktu di universitas dapat meningkat. Saya juga senang bisa berbagi ilmu di Udinus,” ujarnya saat memberikan nasehat kepada seluruh kaprogdi di Udinus.

Sementara itu, Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko, M.Kom saat membuka acara lokakarya tersebut berharap dengan pelatihan selama 1 hari, dapat menjadi referensi dan sharing pengalaman bagi kaprogdi untuk mengembangkan program studi yang lebih baik. “Kegiatan ini dapat menjadi penunjang kaprogdi untuk membuat kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas seluruh program studi di Udinus. Saya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu,” ungkapnya.

Terdapat 50 peserta mulai dari Dekanfakultas hingga Kaprogdi di lingkungan Udinus. Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono,S.Sos , Msi mengatakan bahwa kegiatan tersebut bisa memacu para kaprogdi untuk membantu mahasiswanya dalam meningkatkan tingkat kelulusan agar tepat waktu.“Ini kegiatan bagus yang mampu menunjang kualitas pendidikan di Udinus,” tutupnya. (*Humas Udinus/lex/AT/ Foto : Alex Devanda)