Seminar Proposal Tesis

flow_sem_propProposal Tesis wajib diujikan dalam sebuah seminar di depan komite seminar (tim penguji) dengan tujuan untuk menilai kelayakan penelitian dan kemampuan atau penguasaan mahasiswa dalam melaksanakan penelitian sesuai bidang kajian/topik yang telah dipilih. Beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan seminar proposal tesis di program studi Magister Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

1. Komite seminar proposal; Merupakan tim penguji yang ditetapkan oleh pengelola untuk menguji proposal tesis mahasiswa.

  • Komite seminar proposal tesis terdiri dari: 1 (satu) orang ketua penguji, 1 (satu) orang anggota dan 1 (satu) orang dosen pembimbing.
  • Ketua komite seminar proposal tesis serendah-rendahnya bergelar doktor dengan pangkat serendah-rendahnya Lektor.
  • Anggota komite seminar proposal tesis serendah-rendahnya bergelar Magister dengan pangkat serendah-rendahnya Asisten Ahli.
  • Dosen pendamping adalah dosen pembimbing utama atau dosen pembimbing pembantu.
  • Tim dosen penguji dan jadwal ujian proposal tesis ditetapkan oleh pengelola program studi.

2. Persyaratan seminar proposal tesis; Untuk dapat mengikuti seminar proposal tesis, diwajibkan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Mahasiswa telah melunasi biaya kuliah, dengan bukti Surat Keterangan Bebas Administrasi dari bagian Tata Usaha.
  • Telah mendapatkan persetujuan seminar proposal tesis dari dosen pembimbing utama dan pembimbing pembantu.
  • Mendaftarkan diri untuk seminar proposal tesis di bagian Tata Usaha.

3. Prosedur pendaftaran seminar proposal tesis; Pendaftaran seminar proposal tesis adalah sebagai berikut:

  • Mahasiswa menyerahkan Surat Keterangan Bebas Administrasi.
  • Mahasiswa menyerahkan manuskrip proposal tesis (sesuai dengan format yang telah ditentukan) yang telah ditandatangani oleh dosen pembimbing sebanyak 3 (tiga) eksemplar.

4. Penilaian seminar proposal tesis

  • Komponen penilaian seminar proposal tesis meliputi: kemampuan presentasi, penguasaan materi, dan kelayakan materi penelitian.
  • Nilai akhir seminar proposal tesis merupakan nilai kualitatif hasil keputusan rapat komite seminar proposal tesis.
  • Mahasiswa dinyatakan Lulus/Gagal dalam seminar proposal tesis apabila memperoleh nilai A/B/C dan dinyatakan Gagal apabila memperoleh nilai D.
  • Catatan-catatan revisi atas seminar proposal tesis dari komite seminar proposal tesis dinyatakan dalam Berita Acara Seminar Proposal Tesis.

Proses pelaksanaan seminar proposal tesis secara lengkap dilaksanakan mengikuti mekanisme sebagai berikut:

  1. Mahasiswa mengajukan permohonan seminar proposal tesis ke bagian administrasi akademik dengan mengisi dan menyerahkan Form Pendaftaran Seminar Proposal Tesis dan manuskrip proposal tesis ke bagian administrasi akademik.
  2. Bagian administrasi akademik membuat Daftar Peserta seminar proposal tesis dan menyerahkan kepada program studi.
  3. Program studi menyusun Komite Seminar Proposal Tesis dan meminta persetujuan dari Dekan.
  4. Bagian administrasi akademik membuat Jadwal Seminar Proposal Tesis, Berita Acara Seminar Proposal Tesis, dan Surat Undangan/Surat Tugas Komite Seminar.
  5. Bagian administrasi akademik menyerahkan Surat Tugas Komite Seminar Tesis dilampiri dengan Proposal Tesis.
  6. Komite seminar proposal tesis menyelenggarakan seminar proposal tesis, dengan panelis Ketua Komite Seminar, Anggora Komite Seminar, dan Dosen Pendamping, sedangkan mahasiswa bertindak sebagai penyaji proposal tesis.
  7. Setelah peyajian dan tanya jawab atau diskusi selesai, Komite Seminar Proposal Tesis melakukan Rapat Penilaian hasil seminar proposal tesis dan hasilnya dituangkan dalam Berita Acara seminar proposal tesis, termasuk catatan-catatan revisi atau perbaikan yang harus dilakukan mahasiswa.
  8. Komite seminar melalui Ketua Komite mengumumkan hasil penilaian secara transparan kepada mahasiswa. Jika mahasiswa dinyatakan LULUS seminar proposal tesis, maka dapat dilanjutkan ke proses penyusunan tesis. Apabila mahasiswa dinyatakan GAGAL, maka wajib melakukan seminar proposal ulang setelah melakukan konsultasi dan bimbingan untuk perbaikan proposal.
  9. Berita acara seminar proposal tesis diserahkan kepada bagian administrasi.
  10. Bagian administrasi akademik membuat Laporan Penyelenggaraan Seminar Proposal Tesis dan diserahkan ke Pimpinan Program Studi dan Fakultas.