Topik Tesis

Sesuai dengan misi akademis dan kurikulum, topik atau bidang kajian penelitian untuk penyusunan Tesis di program studi Magister Teknik Informatika pada saat ini difokuskan pada bidang Intelligent Systems dan Business Intelligence.

intellSysPenelitian Intelligent Systems diarahkan pada aspek teknis dari metode komputasi, misalnya berupa pengujian, pengembangan, dan penemuan teori/model/metode/sistem komputasi. Topik-topik penelitian bidang intelligent system seperti image processing, computer vision, pattern recognition, data mining, content based image & video retrieval, information retrieval, bioinformatics, artificial intelligence, expert system, jaringan cerdas multimedia (game technology), robotics, machine learning, decision support system, computational complexity, fuzzy system, biological intelligence, computer graphics, dan sebagainya.

businessPenelitian Business Intelligence diarahkan pada aspek manusia, organisasi, dan manajemen, misalnya analisis pemanfaatan teknologi informasi dan teori/mode/metode/sistem komputasi untuk keperluan manajemen/organisasi. Topik-topik penelitian dalam bidang Business Intelligence seperti enterprise data management, big data, data mining, business analytics, decision support system, data visualization, information system, IT audit and controls, IT government, e-business, dan sebagainya. Obyek penelitian dapat berasal dari dunia usaha baik pada sektor industri maupun jasa, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, lembaga keuangan, lembaga pemetaan, dan sebagainya.

Mahasiswa yang telah mendapatkan dosen pembimbing wajib segera melakukan bimbingan dan konsultasi awal dalam rangka pemilihan topik/judul penelitian. Berdasarkan topik/judul penelitian, mahasiswa selanjutnya dapat menyusun proposal tesis dengan format penulisan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam buku panduan penulisan tesis. Proposal tesis yang telah selesai, wajib mendapat persetujuan oleh dosen pembimbing utama dan pembimbing pembantu untuk dapat didaftarkan dalam seminar proposal tesis. Bagi yang lulus seminar proposal tesis, maka dapat melanjutkan atau menyelesaikan penelitian tesis. Tesis yang sudah selesai wajib diujikan dalam forum ujian yaitu sidang tesis.